Tips & Trik

Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Transfer Chat WA dari Android ke IOS

Apakah Anda adalah adalah pengguna Android yang sedang berencana untuk berpindah hati ke iPhone? Lantas, bagaimana ya cara transfer data Whatsapp dari Android ke iPhone? Karena pastinya, Anda tidak ingin file media dan chat penting di Whatsapp hilang, bukan? Yuk, cek cara-caranya di bawah ini.

Cara Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Sebelum mengetahui caranya, Anda harus tahu dulu nih bahwa sebenarnya proses pemindahan data Whatsapp dari perangkat Android ke iPhone secara resmi tidak bisa dilakukan, jadi prosesnya tidak sesederhana yang dibayangkan lho.

Kenapa sih demikian? Hal ini karena Whatsapp di Android menggunakan Google Drive untuk menyimpan cadangan data, sedangkan data pada perangkat iOS disimpan dengan iCloud. Nah, sudah tidak sama jenisnya kan?

Ketidaksamaan inilah yang akhirnya membuat proses pemindahan dari Android ke iPhone tidak simpel seperti pemindahan dari satu Android ke Android lain atau dari iPhone A ke iPhone seri B. Tapi jangan cemas dulu, susah bukan berarti tidak bisa ya. Karena masih ada beberapa cara non resmi nih yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Baca juga : Cara Mengubah Icon Home Screen iPhone IOS 14 Terbaru 2021

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga ( Dr. Fone ) 

Salah satu solusi yang paling banyak dipraktekkan adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, dan salah satu aplikasi yang dimaksud bernama “dr.fone”, yang bisa di download ke laptop Windows dan macOS.

Alasan utama kenapa aplikasi ini sangat direkomendasikan adalah kesederhanaan dan kenyamanannya, jadi untuk orang-orang yang tidak begitu paham teknologi pun tetap bisa menavigasikannya. Jika memilih metode ini, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini ya:

  • Pertama, pastinya si aplikasi yang dimaksud harus di download dulu ya. Tenang, aplikasi ini ada versi gratisnya kok. Situs downloadnya sendiri ada di https://drfone.wondershare.net/ios-whatsapp-transfer-backup-and-restore.html.

Sebagai informasi tambahan, versi gratisnya hanya bisa digunakan untuk satu kali transfer. Jika ingin bisa transfer berkali-kali hingga 5 perangkat, tersedia versi premium dengan harga Rp 422.000 untuk 1 tahun.

  • Setelah aplikasi terinstall sempurna ke laptop, buka aplikasi dan pilihlah opsi “WhatsApp Transfer”, lalu pilih “Transfer WhatsApp Messages”.
  • Selanjutnya akan muncul perintah di layar laptop untuk menyambungkan hp Android dan iPhone ke laptop. Penyambungannya bisa menggunakan kabel USB seperti biasa ya.
  • Jika sudah tersambung, klik tulisan “Flip” dan tunggulah sampai proses transfernya selesai.

Jika proses transfer sudah selesai, berarti chat dan file media yang ada di Android sudah dipindah ke iPhone ya, jadi data Whatsapp yang ada di Android akan kembali bersih. Karena ingat, datanya adalah ditransfer / dipindahkan, bukan di copy.

  1. Gunakan Backuptrans

Selain dr.fone dari Wondershare, aplikasi pihak ketiga lain yang bisa digunakan adalah “Backuptrans”. Aplikasi versi desktop ini dirancang untuk mentransfer chat Whatsapp dari Android ke iOS secara langsung lewat laptop tanpa perlu menggunakan Google drive. Caranya adalah:

  • Jika Anda menggunakan macOS, download aplikasi dari https://www.backuptrans.com/download/android-whatsapp-to-iphone-transfer-for-mac.dmg. Jika menggunakan Windows 7 / 10 / Vista / 2000 / 2003 / XP / NT, bisa download aplikasinya dari https://www.backuptrans.com/download/android-whatsapp-to-iphone-transfer.exe.
  • Sekarang buka aplikasi yang sudah di download dan pastikan juga untuk mencolokkan Android serta iPhone ke laptop dengan menggunakan kabelnya masing-masing.
  • Setelah kedua smartphone tersambung ke laptop, nama masing-masing smartphone akan terlihat di daftar perangkat di dalam aplikasi. Sekarang klik kanan pada nama perangkat Android dan pilih “Transfer Messages from Android to iPhone”.
  • Selanjutnya, proses transfer akan dimulai otomatis dan bisa selesai cepat atau lama tergantung pada seberapa banyak chat yang dipindahkan dan kecepatan koneksi internet, tapi umumnya proses transfernya cepat kok.

Mirip seperti menggunakan dr.fone tadi, pemindahan dengan Backuptrans juga akan menghapus chat Whatsapp yang ada di perangkat Android, jadi jika pemindahan ini bersifat sementara, sebaiknya buat back up chat Whatsapp di perangkat Android ya.

  1. MobileTrans

Aplikasi ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari dua daftar sebelumnya. Menurut situs resminya, MobileTrans bisa mentransfer data Whatsapp dari satu perangkat ke perangkat lain dengan aman dan cepat, serta kompatibel dengan 8000+ Android dan cocok dengan perangkat iOS 14 atau lebih baru.

Baca juga : 5 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat, Mudah dan Anti Ribet

Cara transfer datanya pun juga hampir sama dengan dua cara sebelumnya, yaitu:

  • Download MobileTrans ke Windows dengan klik di sini, dan download untuk macOS dengan klik di sini.
  • Buka aplikasi dan klik tulisan “Whatsapp Transfer”. Lalu gunakan kabel USB untuk menyambungkan kedua smartphone ke laptop.
  • Sekarang pilih fitur “Transfer Whatsapp Messages” dan aplikasi akan secara otomatis mendeteksi kedua perangkat yang terhubung sambil menandainya sebagai sumber atau tujuan. Jika penempatannya salah, maka Anda bisa klik tombol “Balik”.
  • Setelah memastikan bahwa Android sebagai sumber dan iPhone adalah perangkat tujuan, klik tombol “Start”.
  1. Transfer Lewat Email

Cara transfer data Whatsapp dari Android ke iPhone yang terakhir dan termasuk masih sangat gampang adalah lewat email. Tapi jika menggunakan metode ini, jangan bayangkan jika chat dan file media dari aplikasi Whatsapp di Android akan langsung masuk ke aplikasi Whatsapp yang ada di iPhone ya.

Karena tampilan dari chatnya hanya bisa dilihat dalam bentuk file extension txt.  Sederhananya, history chat Whatsapp disimpan di lembar halaman lain, bukan di dalam aplikasi Whatsapp. Jadi jika ingin mencari chat tertentu, Anda harus membuka dulu lembar terpisah ini.

Selain itu, proses transfer juga tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Jadi misalnya ada 10 conversation yang ingin dipindahkan, maka cara transfernya harus satu per satu.

Baca juga : 10 Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik HP Android di Tahun 2021

Memang sedikit lebih ribet dan memakan waktu ya, tapi metode ini termasuk salah satu yang paling bisa dilakukan jika ingin menyelamatkan chat dan data-data penting di dalam Whatsapp lama. Jika lebih tertarik untuk menggunakan metode ini, ikuti instruksi di bawah ini:

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di Android dan klik menu “Settings / Pengaturan”.
  • Selanjutnya pilih sub menu “Chats”. Di dalam sub menu ini, Anda akan melihat beberapa opsi lagi, pilihlah “Chat History” dan pilih “Export chat” untuk mengirim chat lewat email.
  • Biasanya, setelah ini akan muncul pop-up bertuliskan “Melampirkan media akan …….” Jika ingin menyimpan chat saja (tanpa gambar), pilihlah “Tanpa Media”, dan jika ingin menyimpan dengan gambar, pilihlah “Lampirkan Media”.
  • Sekarang ketiklah alamat email yang ingin digunakan untuk menyimpan chat Whatsapp tersebut, lalu klik “Kirim”. Terakhir, ulangi langkah di atas sampai semua chat disimpan ke email.

Catatan: sebaiknya email yang akan dikirim chat ini adalah email yang sudah Anda buka di iPhone, jadi nantinya jika ingin mencari chat tertentu tidak perlu login email lagi. Tapi untuk melakukannya, Anda harus memiliki dua email dengan alamat berbeda.

Jika tak ingin membuat email lagi, maka login saja ke email di iPhone, dan simpan data Whatsapp tadi ke email tapi sebagai draft.

Sampai hari ini memang belum ada metode yang sepenuhnya praktis untuk transfer data Whatsapp dari Android ke iPhone. Tapi jika ingin cara yang gratis dan bisa dilakukan sendiri di rumah, salah satu dari empat cara di atas bisa banget nih dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button