Tips & Trik

5 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat, Mudah dan Anti Ribet

HPmu Hilang ? Lakukan ini.

Hp Android Anda hilang? Pastinya bikin panik dan bingung ya? Tapi sebenarnya tidak harus selalu panik kok. Coba tarik napas dalam-dalam dan ikuti salah satu dari lima cara melacak hp Android dalam daftar di bawah ini. Tenang, Hp Anda pasti bisa ditemukan jika Anda mengikuti langkah-langkah yang benar.

Cara Menemukan Android yang Hilang

Cara Melacak HP Android yang Hilang
Cara Melacak HP Android yang Hilang
  1. Gunakan Fitur “Find My Device”

Ada alat yang terpasang di setiap Android apapun merk dan tipenya yang memungkinkan pemilik untuk mengunci dan melacak ponsel yang hilang dengan mudah. Alat ini berupa hardware yang ditanam ke Android dan dikoneksikan ke software yang kemudian bisa diakses lewat fitur “Find My Device”.

Setiap kali Anda masuk ke perangkat Android dengan akun Google, fitur ini akan secara otomatis dihidupkan. Tapi untuk memastikan fitur tersebut benar-benar aktif, Anda bisa cek dengan cara berikut:

Buka menu “Settings” dan pilih “Security and Privacy” > “Device Administrator” > centang kotak kecil / geser tombol sampai berwarna hijau di sebelah tulisan “Find My Device”.

Setelah mengaktifkan Find My Device, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan GPS di Android. Jika tidak, lokasi Android tidak akan bisa dilacak saat Android tersebut hilang. Sedangkan cara melacak hp Android yang hilang dengan fitur Find My Device adalah:

  • Pertama siapkan gadget lain (bisa Android lain, misalnya milik keluarga di rumah atau tetangga, atau gunakan laptop / PC yang Anda punya).
  • Sekarang buka browser dan buka halaman “Google Find My Device” di https://www.google.com/android/find?u=0.Selanjutnya masuklah ke akun Google yang sama dengan yang ada di Android Anda.
  • Setelah login, akan muncul notifikasi pop-up yang isinya adalah Google meminta izin untuk menggunakan data lokasi, informasi perangkat, dan hal lain yang berkaitan dengan Android Anda yang hilang. Klik tombol hijau dengan tulisan “Terima”.
  • Sesaat kemudian, Google secara otomatis akan melacak keberadaan Android yang hilang dan menampilkan lokasinya di layar.

Jika lokasi hp tersebut dekat dengan Anda, misalnya hp masih ada di dalam rumah tapi Anda benar-benar lupa dimana menaruhnya, maka Anda bisa klik opsi “Play Sound”. Opsi ini akan membuat hp Anda berbunyi dengan volume full selama 5 menit, bahkan saat hp tersebut dalam keadaan silent total.

Baca juga : Cara Merubah Tampilan Icon iPhone Ios 14

Tapi jika ternyata jarak hp jauh, ada dua opsi yang bisa Anda pilih nih, yaitu:

  • Pilih Opsi “Secure Device”

Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengunci hp sehingga tidak ada yang dapat mengaksesnya, kemudian tuliskan pesan ke orang yang menemukan hp tersebut, misalnya pesan berupa nomor hp lain yang bisa ia hubungi agar orang tersebut bisa mengembalikan hp ke Anda.

  • Pilih “Erase Device”

Opsi kedua ini bisa membantu Anda menghapus semua data yang ada di hp Android yang hilang, jadi jika misalnya orang yang menemukan memang tidak ada niat baik untuk mengembalikannya kepada Anda, data-data di dalam hp sudah bersih sehingga tidak dapat disalahgunakan.

  1. Lacak Lokasi Lewat Email

Cara lain melacak lokasi hp yang hilang adalah lewat email. Memangnya bisa? Bisa dong. Caranya adalah:

  • Buka email Google yang sama dengan yang ada di Android Anda lewat perangkat lain, misalnya dengan laptop di rumah.
  • Selanjutnya klik ikon 9 titik yang ada di pojok kanan atas layar laptop (namanya adalah Google Apps), lalu cari menu “Find My Device”.
  • Layar laptop akan menampilkan tampilan yang sama seperti saat Anda membuka https://www.google.com/android/find?u=0pada cara pertama tadi.
  • Isinya juga sama persis seperti penjelasan pada poin nomor satu di atas, yaitu Anda bisa menemukan lokasi hp, kunci hp dan kirim pesan, atau hapus data. Jadi sebenarnya ini adalah cara lain untuk membuka halaman “Google Find My Device”.
  1. Gunakan ADM (Android Device Manager)

Jika fitur GPS selalu aktif di Android Anda, maka Anda bisa gunakan ADM untuk menemukan Android yang hilang dengan cara berikut:

  • Gunakan laptop / PC / Android lain untuk membuka ADM. ADM ini sendiri berupa aplikasi yang bisa di download gratis dari Google Play Store.
  • Setelah ADM terinstall, buka aplikasi dan masuklah ke akun ADM dengan cara memasukkan alamat email dan password yang yang sama dengan akun Google yang ada di Android yang hilang.
  • Setelah login, ADM akan langsung menampilkan detail nama Android yang hilang lengkap dengan informasi lokasi terkini. Selanjutnya Anda bisa langsung datang ke lokasi tersebut dan mengambil hp Anda, tapi jangan lupa untuk membawa tanda bukti jika hp tersebut adalah milik Anda ya.
  1. Dengan Google Maps
  • Buka Google Maps dari laptop / PC.
  • Klik ikon 3 baris horizontal di pojok kiri atas, lalu pilih “Location sharing” dan pilih “Someone”.
  • Selanjutnya masukkan alamat email yang konek dengan hp yang hilang, dan Google Maps akan langsung melacak lokasinya beserta daftar history lokasi dalam 24 jam terakhir.
  1. Manfaatkan IMEI (International Mobile Equipment Identity)

Empat cara di atas sebenarnya adalah yang paling gampang tapi juga bisa langsung gagal karena satu hal, yaitu saat hp tidak konek dengan internet atau hp konek ke internet tapi GPS-nya mati.

Jika sudah begini, cara melacak hp Android yang hilang sepertinya akan lebih sulit ya, tapi bukan berarti tidak bisa kok. Ada satu lagi cara ampuh yang bisa Anda pilih, yaitu gunakan nomor IMEI hp.

IMEI ini biasanya ada di dalam menu “Settings” di dalam hp, tapi berhubung hp-nya hilang, Anda bisa cek IMEI dari box hp. IMEI ini biasanya terdiri dari 15 digit angka. Setelah mengetahui nomor IMEI dari ponsel yang hilang, ada dua opsi yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu:

  • Datang ke Gerai Operator Seluler

Catat nomor IMEI dan datang ke gerai operator dari sim card yang Anda gunakan di hp yang hilang tersebut, lalu laporkan bahwa hp Anda hilang.

Pihak operator seluler langganan Anda biasanya dapat membantu menemukan hp yang hilang tapi dengan syarat, yaitu sim card di hp yang hilang masih dalam keadaan aktif.

  • Lapor Polisi

Jika ternyata sim card sudah tidak aktif, mungkin karena sudah dibuang oleh si penemu hp, maka Anda bisa langsung datang ke kantor polisi untuk melaporkan kehilangan.

Biasanya polisi dapat membantu menemukan hp yang hilang meskipun hp tersebut tidak konek ke internet, fitur GPS mati, dan bahkan ketika sim card sudah diganti. Syaratnya hanya satu, yaitu nomor IMEI haruslah benar.

Tapi kelemahan dari dua opsi di atas adalah prosesnya akan lama dan lebih ribet dari beberapa cara sebelumnya. Apalagi jika berurusan dengan kantor polisi, Anda biasanya akan diminta untuk menyiapkan beberapa berkas identitas dan mungkin juga ada biaya administrasi.

Terlepas dari bagaimana hp Anda bisa hilang, selalu ada cara untuk menemukannya. Hal ini karena setiap produsen pembuat smartphone sudah memprediksi hal tak terduga seperti ini sehingga mereka telah menempatkan sebuah fitur yang bisa menjadi cara melacak hp Android bahkan dari jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button